Home Dunia Di Sleman Ditemukan Batu Ukir Yang Diduga Bangunan Candi

Di Sleman Ditemukan Batu Ukir Yang Diduga Bangunan Candi

24
0

Berita12.com – Seorang warga di dusun Karangbajang, Tlogoadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Tri Harjito 34 tahun, tanpa sengaja telah menemukan batu kuno yang terdapat ukiran seperti pada candi prambanan. Batu tersebut diduga adalah bagian dari bangunan yang berupa candi yang mempunyai usia seumuran candi Prambanan Tri menemukan batu tersebut secara tidak sengaja, dimana batu tersebut ditabrak oleh traktor sawah,  yang membuat traktor langsung terguling, “Batunya, di atasnya ada ukir-ukiran setelah saya korek-korek. Saya pikir jangan-jangan ini candi,” ujar Tri Harjito kepada media pada hari Senin, (1/6).

Sementara itu pengecekan telah dilakukan oleh Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta yang dilakukan di tengah persawahan warga tersebut. Dimana ada dua batu yang terlihat dengan bentuk berbeda, petugas BPCB Yogyakarta melakukan pengukuran batu tersebut.

Muhammad Taufik  selaku Kepala kelompok kerja pengamanan penyelamatan dan zonasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta mengatakan bahwa jenis batu yang ditemukan di area sawah tersebut adalah jenis batuan amtefik dan kala. Biasanya, Kala adalah jenis batuan yang berada di puncak gapura dan amtefik adalah jenis hiasan candi. Namun belum dapat dipastikan apakah bangunan tersebut adalah bangunan candi Hindu atau Buddha.

Muhamad Taufik menyatakan bahwa batu tersebut mempunyai usia sama dengan candi Prambanan, “Jika lihat sejarah perkembangan klasik di Jawa, abad ke-7 sampai abad ke-10. Diperkirakan abad ke 8, dan ke-9 seusia dengan Candi Prambanan,” ujar  Taufik. (Moh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here