Home Politik KPU Keluarkan Surat Edaran Bagi Daerah Yang Belum Menandatangani NPHD

KPU Keluarkan Surat Edaran Bagi Daerah Yang Belum Menandatangani NPHD

0
82

Berita12.com – Surat edaran telah dikeluarkan oleh KPU yang isinya berupa ancaman untuk menunda Pilkada bagi beberapa daerah yang belum melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) . Menanggapi hal ini Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa hanya beberapa daerah yang akan dipantau untuk ketercukupan dana pilkada.

Ada sekitar dua hingga tiga daerah yang kini dipantau oleh Kemendagri mengenai hal tersebut,¬†“Kalau tidak salah dari kemarin sore masih ada 2-3 daerah yang terus Kemendagri pantau. Tim Kemendagri juga sudah berkoordinasi dengan tim KPU dan Bawaslu,” sebut Cahyo Kumolo.

Kemendragi menyatakan sebenarnya pada dasarnya anggaran untuk pelaksanaan pilkada sudah cukup, namun ada daerah yang dengan sengaja belum mengalokasikan dana tersebut dan hal ini nantinya mereka akan dikenai sanksi, “Agar tidak menganggu tahapan-tahapan pilkada yang diatur KPU, memang besaran item tertentu masih ada yang beda harga antara yang ditetapkan KPU dengan pemda. Tapi itu teknis sifatnya, bisa dirembug baik-baik yang penting pelaksanaan pilkada tidak terhambat sebagaimana keinginan pemerintah dan KPU,” Jelasnya.

Payung hukum juga sudah dikeluarkan oleh Kemendagri supaya daerah daerah mau melakukan penandatanganan NPHD tepat pada waktunya. Namun begitu, Tjahjo juga merasa paham dan maklum jika ada daerah yang mengalokasikan dana tersebut secara bertahap. ¬†Sementara itu Bawaslu dikabarkan pernah merilis mengenai 44 daerah yang sudah mencairkan anggaran pada hari Jum’at (22/5) yang lalu dan hal tersebut sudah dilansir di situs resmi Bawaslu. (Moh)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here