Home Home Menag Lukman Hakim : Biaya Haji Turun, Tapi Kualitas Tetap Lebih Baik

Menag Lukman Hakim : Biaya Haji Turun, Tapi Kualitas Tetap Lebih Baik

89
0

Berita12.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin nampaknya memberikan “angin segar” bagi jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2015 ini. Pemerintah tahun ini juga memberikan berita bagus kepada jemaah, dimana pada penyelenggaraan haji kali ini ada penurunan biaya haji. Namun begitu meskipun ada penurunan nilai biaya pemberangkatan haji, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjamin pelayanan akan lebih bagus dari tahun kemarin,  “Bahwa efisiensi yang sudah dicapai sebesar USD 502 sama sekali tidak boleh mengurangi kualitas pelayanan yang menjadi hak jamaah haji kita untuk tahun ini,” ujar Menteri Agama saat jumpa pers di  Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (27/5).

Pada tahun ini untuk kuota haji Indonesia adalah sejumlah 168.800 orang dengan rincian untuk jemaah haji regules sebanyak  155.200 jamaah dan untuk jamaah ONH Plus sebanyak 13.600 orang calon jemaah haji. Menteri Agama menyatakan bahwa untuk kenyamanan jemaah ada perubahan rute pemberangkatan penerbangan untuk kloter penerbangan satu dan dua. Dimana  jemaah haji gelombang pertama atau kloter satu akan diterbangkan dari Indonesia langsung menuju Madinah serta pulang nantinya melalui Jeddah, dan untuk kloter kedua  berangkat dari Tanah Air langsung menuju Jeddah dan pulang melalui Madinah.

Dengan model rute pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji yang baru diharapkan akan membuat jamaah haji lebih fresh dan setamina tetap terjaga saat melakukan ibadah haji. Perubahan lainnya adalah dengan adanya peningkatan makan siang saat jemaah ada di Mekah dimana akan ada 15 kali makan siang saat jamaah berada di Mekah. (Moh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here