Home Home Menjual Obat Psikotropika Secara Bebas, Sebuah Apotek di Yogyakarta Ditutup

Menjual Obat Psikotropika Secara Bebas, Sebuah Apotek di Yogyakarta Ditutup

0
96

Berita12.com – Diduga melakukan pelanggaran dengan melakukan penjualan secara bebas obat-obatan Psikotropika, salah satu apotik yang beroperasi di Jalan Parangtritis ditutup oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut seperti yang dinyatakan oleh Nitakrid Rumantiningsih yang merupakan Kasi Penyelenggaraan Regulasi Kesehatan Dinkes Bantul,  “Kebetulan kami baru menutup sementara apotek di Jalan Parangtritis, Bantul, kami tutup karena menjual bebas obat jenis psikotropika yang bisa membuat teler,” ujar Nitakrid Rumantiningsih seperti yang dilansir Antara pada hari Selasa (23/6).

Dalam keterangannya, Nitakrid Rumantiningsih menjelaskan bahwa penutupan sementara terhadap apotek tersebut dilakukan awal Juni ini dikarenakan pemilik Apotek melakukan penjualan secara bebas obat psikotropika tanpa ada resep dokter dan tidak melakukan pencatatan terhadap siapa pembeli obat-obatan tersebut. “Sesuai aturan obat-obatan jenis tertentu harus ada pengawasan peredaraanya, seperti narkotika dan psikotropika itu harus jelas dengan resep dokter. Apotek kami tutup dan tidak boleh membuka selama tiga bulan per 5 Juni kemarin,” jelasnya.

Informasi mengenai penjualan obat psikotropika oleh apotek bersangkutan diterima oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dari pihak distributor farmasi yang merasa curiga dengan jumlah pembelian obat-obatan jenis psikotropika yang dilakukan oleh apotek yang bersangkutan. Dan saat dilakukan konfirmasi terhadap apotek tersebut, pengelola apotek tidak dapat menunjukkan resep obat-obatan tersebut dan hal ini dianggap melanggar hingga akhirnya apotek yang telah beroperasi selama dua tahun tersebut dinyatakan melakukan pelanggaran prosedur dalam penjualan obat. (Moh)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here